Pada dasarnya ada dua hal yang dianggap sebagai factor yang menentukan globalisasi. Pertama adalah perkembangan teknologi dalam bentuk kemajuan transportasi dan yang kedua adalah telekomunikasi. Dampak dari globalisasi antara transportasi dengan komunikasi memiliki keterkaitannya sendiri. Perkembangan teknologi informasi memang sudah dirasakan sebagian besar lapisan masyarakat di planet bumi ini. Komputer, faksimile, telepon genggam, siaran televisi yang global serta satelit telah mempercepat aliran informasi menembus batas-batas negara tanpa bisa dihentikan. Selain itu juga transportasi adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mempermudah komunikasi, antara berbagai tempat dan kemampuan untuk pergi dari satu tempat, satu kota, satu negara, satu benua ketempat lain.

Ribuan tahun yang lalu komunikasi antara manusia jarang terjadi, tak terkecuali bagi petualang seperti Marco Polo, atau penemu benua oleh bangsa Eropa, seperti Christopher Columbus, Magellan, vasco d agama, dan sebagainya. Mereka berjalan kaki dari satu tempat ke tempat yang lain yang jaraknya tidaklah dekat hanya untuk dapat berkomunikasi. Mula-mula dulu alat komunikasi berbentuk telepon pada beberapa decade yang lalu, kemudian telepon seluler atau satelit, bersama dengan temuan internet yang revolusioner, dan kemungkinan untuk dilakukan semua jenis transaksi komersial dan moneter untuk mendukung komunikasi antara orang dan perusahaan dimana pun di dunia dengan sangat cepat. Semuanya menyebabkan bisnis dapat dihidupkan, dibagikan, dan dijalankan dengan sangat cepat antara orang dan perusahaan-perusahaan yang ribuan mil jauhnya yang berlokasi di berbagai negara dan benua.

Kemajuan dalam bidang transportasi juga merupakan kemajuan yang terpenting, baik transportasi laut, darat, rel maupun udara. Pada dasarnya perkembangan tranportasi mengalami perubahan yang amat lambat. Jauh sebelum zaman modern ada, pada zaman paleolithic manusia berjalan kaki jauh tanpa menggunakan alat transportasi apapun  mereka juga dibantu oleh hewan untuk mengangkat barang – barang yang berat. Jika dibandingkan dengan sekarang, manusia sudah dapat menggunakan alat tranportasi yang bermacam – macam jenisnya hingga beragam pula kecepatannya.

Menghadapi fenomena baru ini dari sudut pandang sejarah : kemudahan melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, dimungkinkan oleh sarana transportasi yang cepat, nyaman, terjangkau, dan beragam. Pesawat merupakan sarana transportasi tercanggih. Kita dapat menempuh perjalanan ribuan mil jauhnya dengan menggunakan pesawat dalam beberapa jam saja terlebih dengan biaya yang terjangkau untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain di dunia. 

Kemudian ada rel kereta, kereta cepat dan kereta supercepat, yang dapat mencapai 300, 400 dan 500 km/jam. Dalam sekejap, kita dapat menempuh perjalanan dari satu kota ke kota lain antara dua tempat geografis. Pembuatan kendaraan transportasi yang besar telah menurunkan biaya, seiring dengan kemajuan teknologi yang membuat kita dapat memindahkan jutaan ton barang lewat transportasi laut atau darat. Dalam waktu singkat kita dapat menempuh perjalanan bermil-mil jauhnya, pada seabad yang lalu membutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan lamanya.

Mungkin komunikasi ini maksudnya sarana transportasi, merupakan salah satu elemen globalisasi yang paling terlihat, karena kita dapat mencapai banyak tempat di dunia saat ini dalam waktu singkat, terutama di sebagian besar negara maju atau di negara-negara dengan teknologi dan industri yang lebih tinggi. Sebagai contoh, saat ini hampir seluruh ibukota negara di dunia dan kota-kota di setiap Negara dihubungkan dengan pesawat jet yang modern dan aman. Sebuah pesawat besar dapat menampung 400 orang, dan tak lama lagi hampir 600 orang. Seribu tahun yang lalu dibutuhkan waktu beberapa tahun untuk pergi ke Negara yang jauh, sekarang dapat dilakukan hanya dalam beberapa jam dengan peswat. Sehingga dapat terjalin komunikasi dengan baik.

Bagi masyarakat sekarang, menempuh jarak yang jauh tidaklah menjadi kendala. Dengan adanya mesin, waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat dan dunia semakin mengglobal. Karena pada dasarnya transportasi merupakan kunci utama dalam globalisasi. Berbagai sarana angkutan sudah tersedia dari yang sederhana sampai yang canggih. Di era globalisasi ini, pergerakan orang dan barang makin cepat dan mudah.

Sumber :
Juan Manuel Vazquez Varela & Elisardo Bacona Iglesias. Jakarta 2011. Learning To Live Globalisasi. PT Bhuana Ilmu Popular Kelompok Gramedia.



Comments (0)